Presiden Jokowi Raja Arab Saudi hingga Joe Biden 7 Pemimpin Dunia yang Telah Divaksinasi Covid-19

Berikut ini daftar pemimpin dunia yang telah menerima suntikan vaksin Covid 19. Sejumlah pemimpin negara telah divaksinasi Covid 19 dalam upaya pemberantasan virus corona. Pemimpin dunia divaksin pertama kali agar menjadi panutan bagi warga negaranya.

Presiden Jokowi telah mengawali suntikan vaksin Covid 19 di Indonesia Rabu (13/1/2021) kemarin. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntikkan vaksin Covid 19. Presiden menerima vaksin Sinovac dari China.

Vaksinasi terhadap Presiden Jokowi dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Rabu (13/1/2021) pagi. Vaksinasi kepada Jokowi dilakukan oleh tim dokter kepresidenan dan dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Raja Arab Saudi menerima dosis vaksin Covid 19 pada hari Jumat (8/1/2021).

Agen Pers Saudi (SPA) memposting dua gambar dan video pendek di Twitter yang memperlihatkan petugas kesehatan menyuntik vaksin kepada Raja Salman bin Abdulaziz. Perdana Menteri Lee Hsien Loong menjadi anggota pertama pemerintah Singapura yang menerima vaksin COVID 19 pada hari Jumat, 8 Januari 2021. Dilansir Yahoo! News, Lee Hsien Loong menerima dosis pertama vaksin Pfizer BioNTech bersama dengan anggota staf di Singapore General Hospital (SGH).

Setelah mengambil suntikan vaksinasi, PM Lee mengatakan kepada wartawan, "Saya mengambil kesempatan untuk melakukan suntikan sendiri pagi ini dan sekarang saya sudah selesai 30 menit menunggu, tidak ada yang terjadi." "Saya sudah mendapatkan kartu saya, dan janji akan kembali dalam waktu tiga minggu. Tidak menyakitkan, efektif. Dan itu penting." PM Israel Benjamin Netanyahu telah menerima suntikan vaksin Covid 19 bulan lalu.

Ia bahkan sudah menerima suntikan keduanya. Dilansir Ooutlook India, Benjamin Netanyahu menerima dosis kedua vaksin Covid 19 pada Sabtu (9/1/2021). Meski melakukan kanmpanye vaksinasi tercepat di dunia, Israel kini masih melakukan lockdown nasional ketiga akibat adanya lonjakan kasus.

Israel telah memberikan satu dari dua dosis vaksin kepada hampir 20% populasinya. Netanyahu mengatakan pada Sabtu, mereka telah mendapatkan cukup vaksin untuk menginokulasi seluruh populasi orang dewasa pada akhir Maret. Wakil Presiden Amerika, Mike Pence mendapat dosis pertama vaksin Pfizer BioNTech pada 18 Desember lalu.

Vaksinasi yang disiarkan di TV merupakan upaya untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan dan efektivitas vaksin. Pence menyebut vaksin sebagai "keajaiban medis" dan menekankan keandalan proses pengembangannya. Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh telah menerima vaksinasi Covid 19, ungkap juru bicara Istana Buckingham, Sabtu (9/1/2021).

Vaksinasi tersebut dilakukan oleh seorang dokter rumah tangga di Kastil Windsor, kata sumber kerajaan. Sama seperti para pemimpin dunia lainnya, Ratu Elizabeth mengumumkan dirinya telah divaksin dengan harapan agar warganya mengikuti langkahnya demi mengakhiri pandemi. Presiden terpilih Amerika Serikat secara terbuka menerima suntikan vaksin Pfizer BioNTech pada 21 Desember di Rumah Sakit Christiana di Newark, Delaware.

Biden berterima kasih kepada petugas kesehatan. Ia juga mengatakan pemerintahan Trump pantas mendapatkan pujian atas pekerjaannya pada Operation Warp Speed, yang membantu mempercepat proses penyediaan vaksin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.