Penyebab Anak Gampang Sakit yang Harus Diwaspadai 

Secara umum, memang anak –terutama di bawah usia 5 tahun, cenderung lebih rentan dan mudah untuk sakit. Tiba-tiba, mereka bisa saja terserang demam ataupun flu. Hanya saja, bagi orang tua, mengetahui penyebab anak gampang sakit adalah hal yang cukup penting untuk meningkatkan kewaspadaan.

Ya, dengan mengetahui penyebab kenapa anak mudah sakit, nantinya Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang lebih baik. Juga, ketika nantinya anak Anda sakit, maka Anda pun bisa lebih siap untuk menanganinya.

Ada beberapa sebab kenapa anak cenderung mudah sakit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna

Salah satu sebab kenapa anak cenderung gampang sakit adalah sistem kekebalan tubuh mereka yang belum sempurna. Ini adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan anak cenderung lebih mudah sakit.

Nantinya, seiring berjalannya waktu, antibodi si kecil akan mulai terbentuk dengan sendirinya. Hanya saja, untuk menunjang pertumbuhan antibodi, tentu anak harus mendapatkan nutrisi yang seimbang.

  • Tidak mendapatkan cukup ASI

ASI adalah makanan pertama yang sangat penting untuk si kecil. Sayangnya, saat ini tidak jarang jika si kecil kurang mendapatkan cukup ASI karena alasan ibu yang repot atau sibuk bekerja. Nah, kurangnya ASI yang diberikan juga menjadi penyebab anak gampang sakit. Oleh karenanya, ada baiknya jika anak mendapatkan ASI hingga usia 2 tahun.

  • Alergi yang menyerang

Sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi untuk menyerang virus dan kuman terutama yang menyebabkan penyakit. Namun, adanya alergi yang menyerang membuat sistem kekebalan tubuh anak cenderung bereaksi terlalu sensitif sehingga justru akan menyebabkan munculnya masalah yang baru.

Alergi pada anak tidak selalu disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Dalam cukup banyak kasus, alergi tersebut muncul dikarenakan faktor genetik.

Beberapa hal di atas merupakan penyebab anak gampang sakit yang perlu diwaspadai. Tentu, menerapkan pola hidup sehat kepada anak adalah hal yang sangat penting agar nantinya mereka cenderung terhindar dari masalah kesehatan tersebut. Selain itu, pastikan Anda juga menerapkan pola konsumsi yang sehat sebagai penunjang.

Deskripsi: penyebab anak gampang sakit cenderung cukup beragam. Pengetahuan tentang sebab ini menjadi penting agar nantinya Anda bisa melakukan penanganan yang baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.