Ingin Bangun Rumah? Coba Pahami Apa Itu Rumah Tumbuh

Jika ingin membangun rumah, Anda harus mempersiapkan banyak hal seperti desain, biaya, material untuk konstruksi bangunan seperti semen, pasir dan sebagainya. Akan tetapi jika memiliki budget terbatas, Anda sebaiknya mengetahui tentang apa itu rumah tumbuh. Desain rumah seperti ini banyak digunakan oleh masyarakat yang ingin membangun rumah secara bertahap karena keterbatasan dana.

Pengertian Rumah Tumbuh

Membangun rumah dengan desain apapun, termasuk rumah tumbuh sebaiknya menggunakan material berkualitas, salah satunya bisa menggunakan semen SCG. Selain harga semennya yang terjangkau, produk semen ini memiliki kualitas yang tinggi. Dengan menggunakan material berkualitas, Anda akan memiliki rumah yang kokoh dan nyaman untuk ditinggali.

Apabila Anda ingin memulai membangun rumah namun budget masih dirasa kurang, rumah tumbuh bisa menjadi solusi menarik. Rumah tumbuh merupakan proses pembangunan rumah yang dirancang secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan biaya dan kebutuhan pemiliknya.

Berbagai Jenis Rumah Tumbuh

Setelah mengetahui pengertian dari rumah tumbuh selanjutnya Anda juga perlu tahu tentang jenis-jenisnya. Ada dua jenis rumah tumbuh yang bisa Anda bangun yaitu rumah tumbuh vertikal dan horizontal.

Rumah tumbuh vertikal merupakan rumah tumbuh bertingkat. Jenis rumah tumbuh yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membangun rumah bertingkat karena keterbatasan lahan atau karena memang menginginkan rumah dengan dua lantai.

Anda bisa membangun rumah secara bertahap namun dengan menyiapkan pondasi yang kokoh untuk rumah bertingkat. Meskipun nantinya bangunan yang jadi baru satu lantai, pondasi dan penopang yang dibuat sudah cukup kuat. Sehingga apabila nantinya ingin melanjutkan pembangunan, Anda tidak perlu membongkar ulang bangunan yang sudah ada.

Sedangkan rumah tumbuh horizontal merupakan rumah yang dibangun satu lantai di lahan yang cukup luas. Anda bisa merencanakan desain sesuai keinginan meskipun baru bisa dibangun sebagian saja. Hal yang terpenting ketika membangun rumah tumbuh adalah menyiapkan pondasi dan desain jadi.

Selanjutnya, Anda bisa berkonsultasi dengan tukang apabila memang ingin membangun rumah secara bertahap. Misalnya Anda ingin membangun rumah satu lantai dengan 3 kamar, akan tetapi kemampuan finansial Anda baru mampu menyelesaikan rumah dengan satu kamar. Untuk dua kamar yang lain bisa menyusul, karena hal yang terpenting adalah rumah sudah bisa dihuni meskipun belum selesai semuanya.

Tips Membangun Rumah Tumbuh

Untuk membangun rumah tumbuh, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Menentukan desain rumah

Anda bisa membangun rumah desain horizontal maupun vertikal sesuai kebutuhan.

2. Menyesuaikan anggaran

Berikutnya ada bisa mempersiapkan anggaran. Meskipun budget yang dimiliki masih belum cukup untuk membangun rumah sampai selesai, Anda tetap bisa membangun rumah untuk segera dihuni dengan konsep ini.

3. Konsultasikan dengan tukang profesional

Tips berikutnya adalah berkonsultasi dengan tukang profesional. Dengan begitu Anda bisa menentukan kira-kira seperti apa proses pembangunan rumah tumbuh yang sebaiknya dilakukan.

4. Pilih material berkualitas

Ketika ingin membangun rumah tumbuh, Anda tetap harus memperhatikan kualitas material atau bahan bangunan yang akan digunakan. Salah satu material berkualitas yang bisa Anda pilih untuk membangun rumah tumbuh adalah semen SCG. Semen SCG PCC merupakan semen yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pemasangan batu bata, aplikasi beton, plesteran, dan acian.

Keunggulan dari semen ini adalah cepat kering, praktis, halus, daya rekat tinggi, dan mampu menghasilkan dinding yang kokoh dan indah.

Selain semen, SCG juga menyediakan berbagai macam material lain seperti beton instan, pipa, smart block dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk-produk SCG, Anda bisa langsung melindungi websitenya di scgcbm.id.

 

Check Also

Pilih 1 Gambar Bunga Hasilnya Ungkap Sosok Pria yang Dibutuhkan agar Bahagia Tes Kepribadian

Ikuti tes kepribadian di bawah ini untuk mengungkap sosok pria seperti apa yang Anda butuhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *