Fitur Baru Twitter yang Memungkinkan User Pasang Tarif buat Konten Eksklusif Apa Itu Super Follow

Twitter baru saja mengumumkan fitur terbaru mereka, yaitu Super Follow dalam sebuah acara Analis hari Kamis (25/2/2021). Super Follow memungkinkan pengguna untuk memasang tarif kepada followers mereka yang ingin menikmati konten ekstra atau konten eksklusif. Dilansir , pengguna dapat memasang tarif kepada pengikutnya sebesar $ 4,99 (Rp71 ribu) per bulan untuk konten tambahan, termasuk di antaranya buletin khusus pelanggan, penawaran dan diskon, serta tweet eksklusif.

Tangkapan layar menunjukkan jenis konten yang dapat diletakkan pengguna di balik pembayaran, termasuk video dan teaser. Tangkapan layar lain menunjukkan Fleet yaitu Instagram Story versi Twitter ditandai dengan tag "Super Follow ". Artinya, hanya Super Followers yang bisa melihat konten tersebut.

Fitur Super Follow layaknya gabungan antara Patreon, OnlyFans, dan Instagram Close Friends. Sejauh ini, terdapat beragam reaksi terhadap fitur baru ini. Banyak yang menentang pembayaran untuk Twitter.

Beberapa bertanya tanya apakah outlet berita akan menggunakan fitur tersebut sebagai alat pembayaran lain. Tetapi yang lain beranggapan bahwa pengguna Twitter yang populer harus memiliki opsi untuk memonetisasi konten mereka dengan mudah, seperti yang mereka bisa di YouTube dan Facebook. "Kami percaya bahwa pembuat konten harus dibayar atas kehebatan yang mereka bawa ke situs web ini," tulis Lara Cohen, Kepala Kemitraan Global Twitter.

Bersama dengan Super Follow, Twitter meluncurkan Communities, yang fungsinya mirip dengan Grup Facebook atau komunitas Reddit. Tidak seperti fitur List Twitter, yang memungkinkan pengguna membuat feed khusus yang ditujukan untuk berbagai topik atau kelompok orang, Communities akan memungkinkan pengguna berbagi tweet eksklusif dengan audiens tertentu. Meski begitu, belum diketahui kapan Super Follows and Communities akan mulai diterapkan.

Twitter telah membuat beberapa perubahan atau penambahan fitur dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, Twitter memperkenalkan Fleets pada bulan November dan Spaces, fitur obrolan suara langsung bergaya Clubhouse, pada bulan Desember. Fungsi Fleet telah diperbarui ke dalam aplikasi, tetapi Spaces saat ini hanya tersedia untuk grup pengujian kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *