Belajar Copywriting untuk Pemula Guna Membantu Tingkatkan Penjualan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan penjualan Anda adalah dengan teknik marketing atau pemasaran. Di zaman sekarang ini marketing dapat dilakukan dengan banyak upaya, termasuk diantaranya adalah marketing online. Mengingat pada dasarnya di era teknologi seperti sekarang ini, internet memegang peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis. Caranya sendiri banyak mulai diantaranya adalah SEO, SEM sampai dengan copywriting. Copywriting adalah sebuah teknik pemasaran yang dilakukan lewat sebuah tulisan, Anda juga bisa mulai ikut belajar ilmu yang satu ini, belajar copywriting untuk pemula dapat dilakukan baik itu secara gratis maupun berbayar.

Tentunya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan hal yang satu ini bukan, karena banyak juga diantara pelaku usaha baik itu yang skalanya besar maupun masih kecil memanfaatkan teknik yang satu ini. Bahkan sekarang ini jika dilihat juga semakin banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja atau pegawai di bidang tersebut. Sehingga memang lapangan kerja sendiri juga sudah terbuka luas.

Nah berikut ini diantaranya ada beberapa tips belajar copywriting untuk pemula  yang dapat dicoba dengan menerapkan beberapa macam formula berikut ini, yaitu:

  1. AIDA atau AIDCA, formula atau rumus pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan AIDA atau AIDCA, diantaranya adalah attention, headline, interest serta desire. Formula atau rumus yang satu ini sudah dikembangkan sejak lama dan juga termasuk dalam yang banyak digunakan. Kemudian ada beberapa bagian lainnya juga yang mulai berubah, yaitu dengan penambahan convention atau pembuatan target konsumen, sehingga kemudian muncul rumus baru yaitu AIDCA ini.
  2. PAS, selanjutnya formula lainnya yang juga sering digunakan adalah PAS yang merupakan singkatan dari problem atau memasarkan sebuah produk maupun jasa yang mengangkat masalah konsumen, kemudian dilanjutkan juga dengan agitare atau mendramatisir masalah, sehingga masalah tersebut harus segera diselesaikan oleh konsumen serta dilanjutkan dengan pemberian solution, dimana disinilah nantinya barang atau jasa tersebut ditawarkan kepada konsumen sebagai solusi untuk menghadapi masalah Anda. Kebanyakan diantara sales-sales penjualan masa kini nyatanya juga menggunakan ilmu tersebut.
  3. FAB, selanjutnya ada juga rumus FAB yang merupakan singkatan dari feature yang sebenarnya adalah menonjolkan fitur utama dari sebuah produk atau jasa tersebut, advantage yang merupakan keunggulan dari produk yang Anda tawarkan dan mungkin berbeda dengan yang lainnya. Bagian yang terakhir adalah benefit atau manfaat apa yang nantinya akan diperoleh oleh konsumen tersebut setelah menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Selain 3 rumus di atas, maka nantinya Anda dapat menambahkan juga psychological triggers di dalam copywriting tersebut, yaitu kemampuan sebuah copy untuk memberikan sentuhan emosional kepada target konsumen Anda. Yaitu sebuah dorongan untuk mereka agar nantinya mau membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan, tentunya juga dengan beberapa poin seperti diantaranya adalah rasa penasaran, janji, kemudian juga halo effect serta yang lainnya.

Belajar copywriting untuk pemula bisa dilakukan dengan mulai banyak mencoba, lihat contoh-contoh yang ada. Selanjutnya dapat mencoba untuk menuliskannya langsung, dengan lebih banyak praktek tentunya akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan ilmunya dibandingkan sekedar belajar dari teori saja. Ilmu yang satu ini nyatanya sangat berguna dalam mengembangkan bisnis yang Anda jalani, sehingga nantinya penjualan kian meningkat, termasuk juga jadi nilai lebih ketika ingin melamar kerja.

 

 

Check Also

7 Tips Mudah Untuk Memilih Cincin Kawin Unik

Cincin nikah merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah pernikahan, selain untuk simbol cinta cincin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *